BISNIS  

Begini Cara Memahami dan Antispasi KTP Agar Tidak Dijebol Oknum Nakal

Cara Mudah Mengecek KTP Asli atau Palsu: Lindungi Diri Anda dari Penipuan
Cara Mudah Mengecek KTP Asli atau Palsu: Lindungi Diri Anda dari Penipuan

Begini Cara Memahami dan Antispasi KTP Agar Tidak Dijebol Oknum Nakal alias diintip orang usil (bajak).

Dokumen penting wajib ini perlu di waspadai agar tidak mudah dijebol atau disalahgunakan oleh oknum nakal yang tidak bertanggung jawab.

Salah satu metode kecil yang perlu kita waspadai yang dengan cara menambahkan watermark.

Baca juga: Penting: Cara Mengubah Data e-KTP

Diketahui bahwa Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan salah satu dokumen penting berupa identitas pribadi dan bersifat rahasia.

Begini Cara Memahami dan Antispasi KTP Agar Tidak Dijebol Oknum Nakal

Untuk itu menjaga keamanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) perlu bisa dilakukan dengan cara memberikan tanda air atau di sebagian tubuh foto E-KTP (watermark ktp github).

Hal ini berguna agar tidak mudah dijebol atau terhindar/tidak mudah disalah tangankan oleh oknum usil.

Foto KTP tidak hanya sebagai hiasan identitas saja, apalagi hidup di zaman serba canggih seperti saat ini semua hal (kepentingan) dalam melakukan sesuatu pasti akan berhubungan dengan KTP.

Salah satu contoh dalam hal pengajuan kredit bank, mengikuti pemilu, syarat keperluan menikah, mendaftar pekerjaan dan lain sebagainya.

Cara Memahami dan Antisipasi KTP

Kartu Tanda Penduduk atau yang lebih mudah dikena dengan sebutan KTP menjadi salah satu identitas masyarakat, khususnya di Indonesia dan sangat rahasia.

Baca juga: Cara Mengembalikan Postingan Instagram yang Dihapus

Sejatinya terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan atau antisipasi untuk mencegah agar foto e-KTP kita tidak disalahgunakan orang lain yaitu dengan cara memberi tanda air (watermark).

Baca Juga: Mengenal 4 Instrumen Investasi dan Peluang Untung Rugi

Seperti yang telah dijabarkan diatas  bahwa Foto KTP saat ini bukan hanya sekedar gambar pemanis nampang di identitas kita, melainkan juga sebagai bukti identitas sah secara elektronik, sehingga sangat mudah dibajak oleh orang lain seperti pengajuan kredit bank, ataupun kepentingan lainnya

Pemberian watermark (tanda air) atau watermark ktp github yang menjadi pembahasan kali ini, setidaknya berisi keterangan baik berupa tanggal, atau kepada siapa scan KTP digunakan, sehingga data pribadi tidak disalahgunakan orang lain dan bahkan apabila digunakan akan dikenakan pelanggatan/sanksi sesuai penjelasan yang sudah pernah dituangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada tanggal 31 Agustus 2021 silam.

Diharapkan adanya penjalasan informasi terkait Cara Antispasi KTP Agar Tidak Berujul Orang Lain dengan pemberian watermark pada foto di KTP elektronik bisa mengantisipasi atau menghindari dari penyalahgunaan data pribadi oleh orang lain, sesuai informasi tertulis yang dituangkan lewat akun Instagram resmi Kominfo beberapa waktu lalu, (16/9)

Baca Juga: Aplikasi Identitas Pribadi Tidak Dilirik Orang Lain, Watermark KTP

Cara Antispasi KTP Agar Tidak Berujul Orang Lain

  1. Pertama adalah Buka aplikasi edit foto
  2. Beri/tambahkan teks berisi keterangan scan
  3. Berikutnya yakni atur ukuran dan posisi teks, agar watermark (tanda air)/watermark gtk github, menutupi bagian penting dari E-KTP tersebut
  4. Atur ataut turunkan ketebalan teks, agar informasi dan teks watermark bisa terbaca.

Baca juga: Cara Membersihkan Sisa Aplikasi yang Sudah Diuninstall di Android

Cara Manual Menggunakan Kertas

Apabila diharuskan langsung memotret KTP di suatu aplikasi tertentu, Anda atau pengguna tidak bisa mengubah/mengedit dan menambahkan watermark terlebih dulu pada foto tersebut. Untuk cara lainnya yakni dengan cara menempelkan kertas, pengguna juga bisa menambahkan keterangan tambahan berupa tanggal dan kepada siapa scan KTP (atau berkas penting lainnya) diberikan.

Cara Membuat Watermark Foto E-KTP

Cara membuat watermark (tanda air) foto E-KTP agar tidak disalahgunakan orang lain:

1. Silahkan Anda Masuk ke website atau situs https://sirilius.github.io/watermarkktp/

2. Lalu Plih foto E-KTP pada tulisan atau kolom Pilih Gambar

3. Isi tulisan watermark yang akan dibuat/dimasukkan

4. Atur dan pilih jenis tulisan atau font

5. Atur dan pilih posisi teks

6. Lalu Pilih warna teks untuk watermark

7. Atur atau Pilih ukuran teks

8. Berikutnya Pilih kolom download untuk mengunduh file E-KTP yang sudah di watermark

9. Maka secara otomatis file tersebut sudah masuk pada galeri ponsel Anda.

Foto E-KTP yang diunggah pada alamat situs tersebut bersifat terbuka dan File KTP yang diunggah diklaim juga tidak aka keluar dari komputer atau ponsel Anda.

Seorang pakar/ahli keamanan siber, Teguh Aprianto mengatakan semua proses yang dilakukan pada situs tersebut dilakukan oleh klient, sehingga tidak ada perpindahan antar file yang diunggah ke server. Artinya tidak ada/terjadi perpindahan file yang Anda upload ke server. (hal ini sesuai pernyataan yang ditulis oleh Teguh melalui akun Twitter pribadinya.

Itulah penjelasan singkat kami mengenai Begini Cara Memahami dan Antispasi KTP Agar Tidak Dijebol Oknum Nakal. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *